Saturday, May 10, 2008

YOUR SMILE, ANDREA HIRATA



Sebenarnya malas untuk menonton acara talk-show, tapi Your Smile-nya Pertamina di Metro TV pada Selasa malam, 29 April 2008, menarik sekali. Yang bikin menarik acara tsb yang di pandu oleh Dik Doang dan Artika Sari Devi (mantan putri Indonesia) adalah kedatangan tamu Andrea Hirata & DR. Arief Rachman (pendidik).

Wah...surprise bahwa Andrea Hirata yang buku-bukunya membuat saya kagum hadir pada acara tsb. Sayangnya saya tidak menonton dari awal. Tapi tidak masalah, intinya saya dapat mengetahui juga, bahwa akhirnya memang novelnya "Laskar Pelangi" akan di-film-kan oleh Riri Riza dan Mira Lesmana. Saat itu Mira Lesmana dari tempat terpisah di luar studio juga ikut bicara tentang novel tsb.

Andrea Hirata menamatkan SI nya dalam bidang ekonomi dari UI Jakarta dan meraih gelar Master of Science di Universite de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, Uk. Beliau adalah penulis baru yang berbakat yang telah menulis tetralogi yakni : Laskar Pelangi (1), Sang Pemimpi (2), Edensor (3), Maryamah Karpov (4). Buku yang keempat belum bisa dibeli karena menurut informasi akan dijual setelah Laskar Pelangi berhasil di-film-kan. Ya kelamaan..saya sudah tak sabar juga nih ingin tau kelanjutan cerita si Ikal (pemeran utama tetralogi tsb yang katanya sih "Andrea Hirata" sebenarnya).

Oi ya, tetralogi tsb, menurut berbagai sumber, sebenarnya adalah cerita tentang sang penulis dengan latar belakar daerah Belitong, sekarang Prop. Bangka Belitung. Dan asyiknya si penulis mempunyai gaya penuturan yang unik dalam novel-novel tsb. Jarang saya baca pendiskripsian yang begitu detail tentang sesuatu dari segala hal yang dilihat, dirasakan, dan dialaminya.

Dari ketiga bukunya yg sudah saya baca, memang Laskar Pelangi yang bagus sekali dari sisi penuturan dan jalan cerita / ide, bolehlah dapat bintang 5. Kenapa?

Pertama, buku tsb walau dipersiapkan oleh sang penulis, khabarnya sih, hanya dalam waktu 2 minggu, details yang diceritakan sangat hidup.

Kedua, buku tsb banyak mengandung pembelajaran tentang kehidupan manusia dalam perspektif sesungguhnya. Artinya, manusia dengan apa adanya. Buruk baik-nya diungkapkan seadanya dan pas.

Ketiga, nilai-nilai religius sangat lekat. Bermula dengan latar belakang sekolah Muhammadyah, guru-guru yang sangat disiplin (ibu Muslimah & bapak Arfan - sang Kepala Sekolah).

Keempat, buku ini bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang, bahwa hidup penuh dengan perjuangan. Tanpa berjuang tiada hasil yang dapat dicapai. Hidup jangan manja. Cita-cita tetap harus setinggi mungkin tentu dengan tekad yang kuat untuk mencapainya. Ini dibuktikan oleh sang pemulis yang berasal dari keluarga sederhana, namun dengan tekad yang kuat berhasil meraih gelar Master dari University di Sorbonne. Hebat euy.......

Well, sebaiknya sisihkan duit untuk beli buku-buku tsb, dan luangkan waktu untuk membacanya. Insya Allah ada manfaat bisa dipetik.


2 comments:

ayahkasih said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Pie,

Sorry comment sebelomnya keapus.
Akoe termasuk paling gak hobby nonton talkshow. Tapi kalo baca, sih, suka...
Warna blog kok lebih gloomy daripada multi semesta punyakoe, ya?
Btw, sekali-kali kasih comment juga di ayah kasih punyakoe...
keep the spirit high!