Thursday, July 10, 2008

LIBURAN ahh...(1)

Cuti sudah diberikan mulai tanggal 07 Juli, ngantor lagi tanggal 14 Juli. Lumayan. Jadilah aku mengawani anak-anak liburan walau cuma seminggu. (Tapi si Papa tidak bisa ikut cuti karena banyak lah urusan kantornya yang harus di selesaikan apalagi sekarang beberapa kantor BNI di Medan sedang di merger). Ok, no problem. Ada rencana mau ke Tebing Tinggi atau ke Banda Aceh, tapi anak - anak tidak mau, capek katanya jalan - jalan ke luar kota, mending di Medan aja.

Senin lalu tanggal 07 Juli, jadwal ku membeli baju seragam anak-anak yang baru, soalnya yang lama sudah pada sempit. Hanya Ande yang mau ikut dengan ku, Ivan dan Ryan main di rumah saja, katanya. Ke toko baju, lalu ke Medan Mall makan siang dulu. Janjian sama si Papa ketemu di Ayam Penyet maka lunch lah kami bertiga. Papa ngasih info untuk beli buku-buku dan stationery di grosir di seberang Medan Mall. Kami ikuti sarannya, dan bener memang lebih murah beli di grosir stationery. Lumayan penghematan, kan.

Di hari Selasa 08 Juli, jadwal kami ke Sun Plaza karena anak - anak terutama Ryan mau main di Timezone. Jadilah sebelum siang kami ke Sun Plaza. Cari buku dulu di Gramedia. Ande pilih buku tentang Global Warming dan Psikotest. Kutanyakan padanya kenapa pilih buku-buku itu. Katanya cuma ingin baca, ingin tahu lebih dalam tentang dua hal tersebut. Good, good.

Ivan seperti biasa memilih buku yang berhubungan dengan IT, kali ini dia pilih tentang Flash, ga ngerti aku apa isinya, katanya sih itu untuk aplikasi beberapa software komputer. Ya deh, Van. Selain itu dia juga ambil buku tentang cerita-cerita klasik dalam Al-Quran.

Si kecil Ryan tidak mau kalah. Dia pilih buku mewarnai Tom & Jerry plus satu buku berjudul "Kuman Baik" atau "Good Germs" ini buku billingual, isinya disampaikan dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. Hm..ada kemajuan. Dan memang Ryan membaca bukunya samapai selesai. Tidak seperti yang lalu - lalu setelah beli buku, bukunya tidak di baca, cuma di lihat-lihat aja gambarnya.

Dari toko Gramedia, kami makan siang di KFC aja. Baru setelah itu tujuan utamanya : nge-games di Timezone. Lama banget sampai aku sempet baca sebahagian buku yang kupilih tentang nge-blog dan hacking di blog. Belakangan, baru kusadari bahwa buku tentang blog yang berjudul "Build and Hack Your Blogger Now" itu ternyata ditulis oleh seorang remaja yang masih duduk di bangku SMP di Gresik, masih berumur 15 tahun saat ini. Namanya, Adam Pahlevi Baihaqi. Tapi prestasinya bok patent punya : pemegang rekor MURI sebagai pogrammer termuda ketika usia 11 tahun; sebagai Programmer AntiVirus Freeware dengan nama SAVE (2007) dan AVEL (2008); juga pembuat Pogram database beberapa instansi periode 2005-2006. Ck..ck..ck. Dan bukunya sendiri yang telah kubaca, tapi belum sempat ku-aplikasikan memang lebih lengkap dibandingkan dengan buku-buku tentang blog lainnya yang pernah ku beli.

Walau memang liburan anak-anak cuma keliling plaza & mall. aku berharap mereka punya tambahan pengalaman, lewat permainan dan buku - buku yang dibaca.

Rabu, 09 Juli, jadwalnya adalah berenang. Ok, kami pilih yang dekat rumah saja di kompleks Citra Wisata. Jadilah Aku, Ivan dan Ryan ke sana. Jangan heran jika anak-anak sudah berada di kolam renang pasti tidak akan mau cepat-cepat beranjak dari sana. Pergi jam 2 siang, lewat jam 5 sore baru klar berenang-nya, terutama Ryan. Nungguin anak-anak berenang kadang membosankan tapi aku lebih suka sambil baca dan juga tentu sambil ngemil, smoga aku tidak makin budiman (bunder dimana-mana) setelah cuti. Ada buku menarik yang kubawa saat itu judulnya "Einstein Aja Gak Tau!" karangan Robert L Wolke. Ini buku bagus dibaca karena berkaitan dengan kejadian sehari-hari di sekeliling kita yang penjelasannya secara logika dan ilmiah yang disampaikan dengan bahasa sederhana. Misalnya tentang mengapa sabun berbusa, mengapa lilin terbakar, dan sejuta how, what dan why lainnya.

Oit ya tentang berenang untuk ke depan aku sudah jadwalkan Ryan untuk les berenang di sana setiap Sabtu sore dan Minggu pagi. Jadi Sabtu Minggu aku punya tugas tambahan nganterin Ryan berenang. Enjoy aja lah yaw. Selain berenang dia juga mau les Inggris. Nanti deh aku cari jadwalnya.

Hari ini Kamis, 10 Juli, jadwal libur di isi dengan ke warnet. Ivan dan Ryan yang ikut, Ande di rumah aja nge-games di PC rumah. Beberapa minggu ini sebelum liburan PC di rumah sedang rusak, bulak balik dibetulin ga klar juga, baru tadi malam bisa di pakai walau internet / speedy-nya belum aktif. Jadinya kami ke warnet-lah. Tapi ada bagusnya PC rusak, bisa menjadi pembelajaran bagi Ivan untuk mengenal lebih jauh tentang hardware dan software sebuah PC.

Ok sekarang anak-anak masih nge-games dan aku sendiri sudah hampir selesai menulis postingan ini. Setelah ini kami akan makan bakso....hm....yummy. Liburan atau cuti memang uennak tenan.......nanti cerita jurnal liburan kita lanjutkan lagi ya. Bye.

No comments: