Wednesday, June 11, 2008

UJIAN


Ujian kenaikan kelas II SD Ryan sudah dimulai tanggal 09 Juni 2008, Ande & Ivan 10 Juni 2008. Kali ini Ivan ujian Smester 1 untuk kelas VII SMP. Sedang Ande ujian smester 2 untuk naik klas VIII SMP.

Biasanya untuk memaksimalkan belajar anak-anak, maka aku akan berpesan agar mereka belajar lebih intensif. Tidak banyak main. Untuk mendukung situasi belajar yang kondusif (ceile..) maka TV dan PC tidak boleh di sentuh anak-anak. Tak ada TV, tak ada games.

Ryan selalu kudampingi belajar. Jika tidak dia akan mogok belajar. Tadi malam dia harus belajar IPS dan Bahasa Arab / Arab Melayu. Kubantu dia membacakan soal-soal yang ada di buku untuk dijawabnya. Setengah jalan dia minta belajar matematika. Aku jadi heran, padahal matematika baru hari Jumat ujiannya. Tapi dia tetap berkeras. Jadi kubiarkan saja dia beberapa lama mengerjakan soal-soal matematika yang dipilihnya sendiri dari buku matematika.

Aku baru ingat dia paling suka matematika. Jadi sudahlah selama setengah jam lebih dia mengurak-atik matematika, baru kemudian kembali ke IPS dan bahasa arab-nya.

Belajar dengan Ryan perlu energi lebih untuk membuat dia fokus dan konsentrasi pada apa yang dipelajari. Yang jelas memang harus sabarlah. Tapi begitupun aku juga jadi dapat ilmu, misalnya tentang kata-kata dalam bahasa arab. Madrasatun, baitun, khomsatun, dll. Ya lumayan lah.....


No comments: