Thursday, June 5, 2008

SPAGHETTI



Dari jenis makanan pasta yang sering dimakan paling juga mie goreng, mie ayam, mie kuah, indomie, bihun, dan kwetiaw. Semuanya jenis Chinese pasta. Oiya, cing-cong-fan juga enak yakni sejenis pasta yang bebentuk lembaran, dipotong-potong persegi panjang dan ditumis dengan segala macam bumbu oriental dan seafood. Pokoknya makyuss lah dan gampang mendapatkannya di restoran chinese yang bertebaran di Medan. Gampangnya lagi bisa di cari di resto Nelayan.

Tetapi jika kemudian anak-anak minta spaghetti? Wah mesti dicari nih bagaimana cara mengolahnya.


Dua bulan lalu sudah ku coba membuatnya. Ku beli spaghetti merk La Fonte. Ku ikuti cara membuatnya yang tercantum di kemasan. Biasanya jika membuat makanan baru aku selalu mengikuti resep sepenuhnya tanpa modifikasi. Tapi ..hueek.....hasilnya tidak memuaskan, terlalu asam. Karena saus tomat dan tomat segarnya mungkin kebanyakan sesuai resep. Mungkin untuk lidah Italiano, cocok lah. Tapi untuk yang Indonesia tak sesuai rasanya. Jadi spaghetti-nya mubazir tidak termakan habis.


Minggu lalu saat belanja bulanan, kubeli lagi spaghetti merk yang sama. Aku sudah punya cara mengolahnya. Dari beberapa literatur (ceile...) yang kubaca, spaghetti paling enak dimakan dengan saus Bolonaigse. Nah aku akan coba buat saus itu. Tapi bahan saus yang harus kubeli tidak lengkap di Hypermart. Oregano (semacam bumbu khas Italia) dan pasta tomat tidak ada. Karena spaghetti akan dibuat pada minggu depannya maka kupikir lebih baik daging giling nya kuganti dengan cornet-beef aja.

Akhirnya jadi deh Minggu tanggal 1 June lalu aku racik spaghetti. Tapi tanpa oregano dan tomato pasta. Hasilnya.....hm..hm..
not bad lah. Anak-anak dan keponakan yang kebetulan datang dari Jakarta ikut mencicipinya. Lumayan dah laris manis. Hanya tersisa sedikit spaghetti-nya yang kemudian kusimpan di lemari pendingin. Itupun besok pagi Senin-nya sisa spaghetti ku racik jadi pizza mini buat sarapan n bekal si kecil. Lumayan lagi, penghematan.

Sedikit info, jika sudah pernah membuat spaghetti, maka akan lebih mudah bagi kita untuk memodifikasi saus nya. Sausnya bisa di coba dengan macam-macam racikan yang berbau italiano, chinese, atau pun Indonesia asli. Mungkin bisa dengan saus kacang, atau bahkan saus sate padang. Hm ..gimana rasanya ya....?

Tapi kapan - kapan aku mau coba buat spaghetti dengan racikan saus Bolonaigse yang lengkap, ada oregano, pasta tomat, daging giling. Tentu saja akan kuberi aksesoris keju parut dan keju tabur (permesan) dan juga boleh ditambah kacang polong atau sosis sapi merk Saudi/ Farmhouse. Lengkap deh. Pasti mantap lah.



2 comments:

ayahkasih said...

Nyaaaam.....
Apalagi abis makan spaghetti dilanjut minum kopi, tambah maknyuusssss.....

Anonymous said...

Pie, kalau spaghetti pake oregano baru mantap... apalagi daging gilingnya banyak.... uenak buanget.........