Thursday, June 19, 2008

You're welcome.....

Ada pertanyaan Ivan yang sudah diajukannya 2x pada ku. Tapi dia masih penasaran, sehingga tadi malam masih ditanyakannya untuk ketiga kalinya.

"Ma, kenapa kalo dalam bahasa Inggris orang mengucapkan terima kasih (
thank you) selalu dijawab dengan 'you're welcome', bukannya 'come-back' atau 'same same'"

Pertanyaan kecil, tapi bikin aku tersenyum dan berpikir bagaimana menjawabnya dengan tepat sehingga Ivan tidak bolak balik bertanya masalah yang sama.

"Van, ungkapan dalam bahasa Indonesia tidak selalu sama untuk diterapkan atau digunakan dalam bahasa Inggris. 'Come-back' artinya memang kembali, 'same same' di-indonesia-kan menjadi sama-sama. Kedua arti ungkapan itu memang biasa kita pakai dalam bahasa Indonesia, tapi itu tidak cocok untuk digunakan dalam bahasa Inggris,". Jadi panjang kan jawabanku.

"Kenapa, Ma?" tanya Ivan lagi.

"Karena pola pikir berbahasa orang Inggris dan Indonesia tidaklah sama. Jadi jika kita ingin belajar bahasa Inggris kita harus masuk dalam pola pikir berbahasa Inggris. Tidak bisa kita terapkan yang Indonesia. Begitu pun kalo kita belajar bahasa lainnya. Harus selalu mengacu dari mana sesuatu bahasa berasal. Ungkapan 'you're welcome' bisa juga kita ganti menjadi 'don't mention it' yg artinya kira-kira 'jangan sungkanlah'. Jelas, Van?"

"Ok, Ma."

"Ntar kalo belum jelas coba lah tanya ke guru lagi ya," jawab ku akhirnya.

Mudah-mudahan besok - besok tidak muncul lagi pertanyaan ini dari-nya.

No comments: